Friday 25 April 2014

Cepat sembuh ya, X-chan!

Genap 2,5 tahun saya mendiami desk yang sama di SLab. Setiap hari Senin atau paling lambat Selasa, seharusnya saya mengirimkan progress report mingguan. Sensei meminta saya untuk conduct beberapa eksperimen lagi, belum selesai semua, belum tahu apa yang harus dituliskan di progress report … 

Desk di belakang saya, hampa tak berpenghuni sejak memasuki spring tahun ini. Seharusnya, sebut saja, X-chan, seorang master student, yang duduk di desk tersebut. Sudah hampir 3 minggu, masih sama, tak berpenghuni, tetapi X-chan selalu mengirim progress report, tak pernah telat. Semua lab members dapat melihat progress report yang dikirimkan oleh members lainnya. Suddenly, teman dekatnya X-chan, ke desk saya, dia memberikan origami dan meminta saya untuk menuliskan nama saya kemudian berdoa agar X-chan cepat sembuh. Lohh, si X-chan sakit apa yak? Hmm… mungkin tidak terlalu parah, karena masih mengirimkan progress report dan progress report yang dikirimkan X-chan cukup comprehensive menurut saya (menjawab dalam hati).
   

As usual, di pagi hari sambil sarapan, saya cek akun FB, tiba - tiba ada friend request dari X-chan. Yaps, langsung saya terima. Saya coba cek timeline-nya X-chan, ternyata X-chan dirawat di rumah sakit. Super penasaran si X-chan sakit apaan yak? Langsung beraksi, meng-kepo si X-chan ini :D. Akhirnya dari peng-kepo-an yang cukup detail dan comprehensive, saya menyimpulkan, di tubuh X-chan ditemukan cancer, shock … >_< 

Sampai di lab, melihat - lihat kondisi, saat teman dekatnya X-chan kelihatan free, saya meluncur ke desk-nya dan bertanya, X-chan gimana kabarnya? Jawabannya bikin meleleh… 
Teman dekat X-chan : Afia san, X-chan seneng banget kamu kasih komen di statusnya dan kasih support dia. Kata X-chan, dia g sabar mau kembali ke SLab dan ngobrol dengan kamu. Afia-san, tolong kasih support dia ya. 
Afia : Eh g masalah, aku malah seneng banget kalau X-chan happy, boleh tahu X-chan sakit apa? Teman dekat X-chan : Hmm… dia ada cancer 
Afiacancer? dimana? 
Teman dekat X-chan : Awalnya di payudara, tetapi saat ini sudah mulai ke otak. 
Afia : ***shock >_< >_< Ohh… kapan kamu mau ke rumah sakit lagi? 
Teman dekat X-chan : Pekan ini saya sedang mengerjakan eksperimen, tetapi Sensei selalu ke rumah sakit setiap hari Kamis. Sensei ada meeting dengan dokter di sana untuk riset cancer genomic-nya sekaligus menjenguk X-chan. Afia-san, send message ke Sensei aja kalau mau ikut ke rumah sakit. 
Afia : Makasih banyak, coba nanti saya ngobrol sama Sensei. 
Teman dekat X-chan : Afia san, tolong kasih support X-chan terus ya! 
Afia : Sure

Benar - benar shock, Ya Allah…di riset group ini, kami selalu berinteraksi dengan data cancer genomic >_< . Betapa kecilnya kami di hadapanMu... 

Anyway, sangat terharu dengan semangat belajarnya X-chan, walaupun dirawat di rumah sakit, dia masih belajar, membaca text book ataupun paper. Ngeliat diri sendiri, progress report belum ter-submit untuk minggu ini >_< 

Sepengetahuan saya, semua orang sebenarnya memiliki cancer cell, hanya nilai threshold yang mungkin berbeda, nilai threshold yang dimiliki setiap orang, nilai threshold yang dimiliki oleh suatu cancer, nilai threshold yang menyebabkan cancer cell tsb mengganggu kerja tubuh kita... Ada yang mengatakan itu hanya masalah statistik. Intinya jika sudah mulai mengganggu kinerja sel yang normal, itu membuat masalah. Apa penyebab cancer? Masih diteliti… Bagaimana mengobati cancer? Masih diteliti… Secara psikomatis, salah satu obat cancer adalah semangat untuk hidup, semangat positif, yang membuat cell baik akan terus hidup sedangkan cancer cell akan mati dengan sendirinya … 

Cepat sembuh X-chan, kami menanti senyummu di SLab!:)

4 comments:

  1. Semoga lekas sembuh x-chan nya. Nanti juga pasti sukses kayak senpai PhD di lab mu dulu itu yang super jenius.

    ReplyDelete
  2. Senpai, cepet banget komen-nya :P
    Iya senpai PhD yang super jenius itu emang super jenius, mudah2an cepet sembuh si X-chan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kan langsung muncul di G+. The power of G+ Haha ..

      Btw, blog nya masih baru ya .. selamat! Tetap menulis! (padahal saya pas phd malah mati blog saya :D)

      Delete
    2. Hihihi, aku ada blog yang lama sih senpai, tapi under ugm domain :D Ini nyobain yang pure blogspot. Terimakasih, saya terinspirasi senpai yang jadi produktif menulis :D

      Delete